Posted by : Fetri Kamis, 21 Maret 2013



       PARTAI KOMUNIS INDONESIA

Pada masa sebelum Perang Dunia I, paham komunis masuk ke Indonesia dibawa oleh seorang pimpinan buruh Negeri Belanda bernama H.J.F.M. Sneevliet. Ia adalah anggota Partai Buruh Sosial Demokrat atau Sociaal Democratische Arbeiderspartij. Semula ia tinggal di Surabaya sebagai staf redaksi sebuah surat kabar kemudian dipindahkan ke Semarang dan menjadi sekretaris pada Semarangse Handelsblad.
Semarang. H.J.F.M. 
Pada tanggal 9 Mei 1914, Sneevliet bersama rekan-rekannya, J.A. Brandsteder, H.W. Dekker dan P. Bergsma, mendirikan organisasi yang dinamakan Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV) di Semarang pada tanggal 4 Mei 1914. . Haluan organisasi ini adalah Marxisme.
Namun ternyata, ajaran komunis kurang mendapat respons dari masyarakat, maka untuk mencari anggota, mereka menyusup ke tubuh partai-partai lain. Namun usaha ini tidak berhasil, sehingga mereka mendekati Insulinde, maka diarahkan ke dalam Sarekat Islam melalui tokoh Semaun dan Darsono. Taktik ini berhasil, sehingga SI pecah menjadi dua kubu, Infiltrasi dapat dengan mudah dilakukan karena ada beberapa faktor berikut :
   a.   Adanya kemelut dalam tubuh SI, di mana pemerintah Belanda
lebih memberi pengakuan kepada cabang Sarekat Islam lokal.
   b.   Adanya disiplin partai dalam SI, di mana anggota SI yang
merangkap anggota ISDV harus keluar dari SI. Akibatnya SI
terpecah menjadi SI Merah dan SI Putih. dan muncullah pemimpin ranting dalam ISDV yang berhaluan marxis seperti Semaun dan Darsono.
Pada tanggal 23 Mei 1920, oleh Baars, Bergsma, dan Semaun beserta kawankawannya, ISDV diubah menjadi Partai Komunis Hindia. Kemudian pada bulan Desember 1920, Partai ini diubah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI).
 Susunan pengurus baru organisasi ini, antara lain Semaun sebagai ketua, Darsono sebagai wakil ketua, Bergsma sebagai sekretaris, Dekker sebagai bendahara, Baars, Sugono, dan lain-lain sebagai anggota pengurus.

Setelah berhasil menyusup dalam tubuh SI, jumlah anggota
PKI semakin besar. PKI berkembang pesat. Berikut ini ada beberapa
faktor yang menyebabkan PKI berkembang pesat.
a. Propagandanya yang sangat menarik.
b. Memiliki pemimpin yang berjiwa kerakyatan.
c. Pandai merebut massa rakyat yang tergabung dalam partai lain.
d. Sikapnya yang tegas terhadap pemerintah kolonial dan kapitalis.
e. Di kalangan rakyat terdapat harapan bahwa PKI bisa menggantikan
Ratu Adil.
Organisasi PKI makin kuat ketika pada bulan
Februari 1923 Darsono kembali dari Moskow. Ditambah dengan  bergabungnya tokoh-tokoh seperti Alimin Prawirodirdjo (pemimpin SI merah) dan Musso (dari PKI cabang Jakarta).
Setelah merasa kuat, PKI melakukan aksinya dengan mengobarkan pemberontakan di Jakarta pada tanggal 13 November 1926, disusul dengan tindakan kekerasan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur serta pemberontakan di Sumatra Barat
pada tanggal 1 Januari 1927. Pemberontakan ini dapat ditumpas oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pemberontakan PKI ini merupakan tindakan yang sia-sia karena massa PKI sama sekali tidak siap di samping organisasinya masih kacau.
Pemberontakan PKI ini mengakibatkan korban ribuan rakyat dihasut untuk ikut serta dalam pemberontakan sehingga sekitar 13.000 orang ditangkap oleh pemerintah belanda, mereka yang dihukum sejumlah 4.500 orang, dan yang dibuang ke Tanah Merah, Digul Atas, Irian Jaya sekitar 1.300 orang.  
Selanjutnya  Oleh Pemerintah Hindia Belanda, PKI dinyatakan sebagai partai terlarang, ditambah Akibat pemberontakan yang gagal ini pemerintah colonial makin bertindak keras dan tegas terhadap organisasi-organisasi pergerakan nasional yang ada pada saat itu. Akibat buruk lainnya yang menimpa perjuangan bangsa
Indonesia akibat pemberontakan PKI adalah berupa penindasan yang luar biasaterhadap para pemimpin perjuangan. Itulah suatu tindakan PKI yang merugikan perjuangan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Walaupun PKI dinyatakan sebagai partai terlarang tetapi secara ilegal mereka masih melakukan kegiatan politiknya. Semaun, Darsono, dan Alimin meneruskan propaganda untuk tetap memperjuangkan aksi revolusioner di Indonesia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © INFO OK - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -